• BPKAD Kutai Timur

Selayang Pandang

Kabupaten Kutai Timur dengan ibukota terletak di Sangatta adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur yang merupakan wilayah hasil pemekaran dari hasil Kabupaten Kutai.Pernbentulnan Kabupaten Kutai Timur berdasarkan Undang-Undang Nomor 47 Tahun 1999 tentang Pemekaran wilayah Provlnsl dan Kabupaten serta diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 28 Oktober 1999.

Secara Geogralis Kabupaten ini tertetak pada 115'56'26" sampai dengan 118"58"19" Bujur Timur dan 1'17"1" sampai dengan 1'52"39" Lintang Selatan, serta berbatasan dengan : Kecamatan Talisayan dan Kecamatan Kelay (Kabupaten Berau) di sebelah Utara, Kecamatan Bontang Utara dan Kecamatan Marang Kayu (Kabupaten Kutai Kertanegara) di sebelah Selatan, Selat Makasar dan laut Sulawesi di sebelah Timur dan Kecamatan Kembang Janggut dan kecamatan Tabang (Kabupaten Kutai Kertanegara) di sebelah Barat.

Secara administratif Kabupaten Kutai Timur mencakup wilayah seluas 35.747,50 km2 atau 17% dari luas Provinsi Kalimantan Timur yang terdiri dari 18 kecamatan. Jumlah Penduduk Kabupaten Kutai Timur mengalami perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun. Hal ini selain disebabkan karena adanya iumlah kelahiran yang teriadi di wilayah Kabupaten Kutai Timur sendiri iuga disebabkan oleh tingginya migrasi penduduk dari Iuar ke wilayah Kabupaten Kutai Timur. Berdasarkan data Tahun 2007 jumlah penduduk Kabupaten Kutai Timur adalah sebanyak 208.662 jiwa (sumber kantor kependudukan, catatan sipi dan keluarga berencana) dan terus mengalami peningkatan jumlah penduduk hingga mencapai 270.271 jlwa dengan kepadatan penduduk 7.56 jiwa/km2 pada tahun 2011 (sumber: Kutal Timur Dalam Angka.20I2).

Kabupaten Kutai Timur terletak pada posisi yang sangat strategis. karena berada pada jalur trans Kalimantan, terietak pada poros Kapet Sasarnba (Samarinda-Samboja-Balikpapan) dan kawasan segitiga pertumbuhan Bontang-Sangatta-Muara Wahau-Sangkulirang serta menghadap langsung ke Selat Makasar yang meniadi jalur pelayaran regional, nasional dan Internasional. Posisi strategis Kabupaten Kutai Timur berpotensi untuk menjadikan Ibukota Kabupaten Kutai Timur yaitu Sangatta sebagai kota transit dimana akses keluar wilayah cukup terbuka sehingga membuka peluang pemasaran hasil-hasil surnber daya alam dari Kabupaten Kutai Timur.

Pembangunan di segala bidang terlihat dimana-mana, kecamatan dan desa-desa yang jauh dan terisolir mulai dapat dijangkau dengan jalan dan iembatan yang terus dibangun. Pembangunan dimulai dengan kawasan perkantoran bukit pelangi meniadi pusat pemerintahan kabupaten. pembangunan kantor camat. sekolah-sekolah di semua kecamatan dan desa. Rumah sakit dan puskesmas dengn fasilitas memadai hingga pusat kota yang kian tertata dan berkembang serta sarana olahraga yang megah.

Komoditas yang menoniol/dominan sebagai potensi sumber daya alam di Kapaten Kutai Timur antara lain sektor pertambangan umum, sektor pertanian dan perkebunan, sektor kehutanan, sektor infrastruktur, sektor fasiltas bisnis, sosial dan urnum, sektor perikanan. Sektor peingkatan kualitas SDM dan Lembaga Penelitian serta sektor pariwisata.

Adapun Struktur Kelembagaan Kabupaten Kutai Timur dibentuk berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi Kalimantan Timur tahun 1999. Kelembagaan Kabupaten Kutai Timur saat itu terdiri dari 6(enam) SKPD yaitu:

  1. Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) : Drs.E.A.Suryanto
  2. Dinas Pekerjaan Umum(PU) : H. Nurisyarifuddin, BE
  3. Dinas Pendidikan : Siti Aisyah HD.
  4. Inspektorat Wilayah(Itwil) : Drs.H.Masli Hassan
  5. Badan Perencanaan Daerah(Bappeda) : Drs.Edward Azran, Msi
  6. Dinas Pertanian : Drs.Syarifuddin
  7. Kantor Sosial Politik(Sospol) : Drs. Hamsani Hamzah

Sedangkan susunan organisasi pada Sekretariat Kabupaten Kutai Timur terdiri, dari

1. Asisten Pemerintahan, membawahi dan mengkoordinir:

Bagian Pemerintahan : Drs. Ismed Baramuli

Bagian Hukum dan Organisasi : H. Zaini, SH

2. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, membawahi dan mengkoordinir:

Bagian Ekonomi dan Sosial : Dra. Hanasiah

3. Asisten Administrasi Umum, mernbawahi dan rnengkoordinir:

Bagian Umun dan Perlengkapan: Drs. Eko Cipto Pratomo

Bagian Keuangan : H.Azhar, SE

Bagian Kepegawaian : Drs. Halidin Katung

Setelah terbentuknya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kutai Timur, makadilakukan kembali pembentukan kelembagaan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten KutaiTimur Nomor 18 Tahun 2001 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas PendapatanDaerah Kabupaten.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur terus melaksanakan pembangunan sesuai dengan Rencana Pembangunan Daerah Jangka Panjang, Menengah dan Pendek serta mengajak semua elernen masyarakat untuk melangkah bersama berbuat seirama dalam Gerakan Pemerataan Pembangunan Menuiu Kutai Timur Mandlri Selahtera "GERBANG TAMAN MAKMUR"