• BPKAD Kutai Timur

Pemkab Kutim Wacanakan Alihkan Anggaran BPJS ke ADD Pada Tahun 2018

KutimNews.Com. Untuk mengurangi beban anggaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS, yang selama ini diruntukkan untuk masyarakat kurang mampu yang dikelolah langsung oleh Dinas Sosial Kabupaten Kutai Timur.

Saat ini Pemerintah kabupaten Kutai Timur tengah mewacanakan akan mengalihkan beban anggaran BPJS ke dalam bagian Anggaran Dana Desa atau ADD ditiap Desa. hal tersebut dikemukakan langsung oleh Sekkab Kutim Irawansyah saat berlangsungnya rapat kerja, diruang meranti kantor Bupati Kutim beberapa waktu lalu.

Menurut Irawansyah dengan dialihkannya beban anggaran BPJS kedalam bagian Anggaran Dana Desa, maka bisa dipastikan dalam penentuan peserta BPJS bisa dilakukan secara selektif lagi. Pasalnya pemerintah Desa akan lebih tau, mana warganya yang layak menerima atau tidak.

Selain itu, dengan dialihkannya beban BPJS di dinas sosial ke dalam anggaran dana desa, maka anggaran yang dikelolah dinas sosial bisa diperuntukkan untuk kegiatan sosial lainnya yang sifatnya lebih urjen.

Sementara itu, Bupati Kutim Ismunandar mengemukakan, pihaknya belum bisa menentukan apakah wacana pengalihan beban BPJS kedalam Anggaran Dana Desa akan bisa diterapkan di tahun 2018 mendatang atau tidak, pasalnya pihaknya terlebih dahulu akan melakukan kajian apakah wacana tersebut, layak untuk diterapkan atau tidak, jika ia maka akan segera diterapkan di 2018 mendatang.

Sumber : http://kutimnews.com